Bhineka satu
Image default
Uncategorized

Menjelang Pemira UHO Bergulir, Ketua Panja : Gunakan Hak Pilih Dengan Bijak

KENDARI – Pesta demokrasi mahasiswa merupakan sebuah kegiatan pemilihan umum yang dikemas dalam sebuah sistem pemilihan layaknya pemilu di Indoensia. Kampus sebagai bagian ruang Pendidikan mencerdaskan bangsa, salah satunya soal praktek implementasi politik, Pemilihan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas dan Fakultas, pemilihan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), serta Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Universitas Haluoleo (UHO) merupakan salah satu kampus tebesar di Sulawesi Tenggara, dengan puluhan ribu mahasiswanya. Pesta demokrasi mahasiswa yang kadang kala dilaksanakan seringkali terkedala pada aspek menyalurkan hak suara yang tidak terealisasi dengan baik. Sebab itu, Ketua Panitia Kerja (Panja) Pemiluraya Uho, Dr La Ode Alwi menghimbau agar seluruh mahasiswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, serta turut serta dalam memilih ketua BEM Universitas dan fakultas, MPM Universitas, dan DPM.

“Kami menghimbau kepada seluruh mahasiwa agar menggunakan hak pilihnya untuk mentukan BEM Universitas, MPM Universitas, dan masing-masing fakultas memilih ketua BEM-nya dan DPM sesuai pilihannya,” ungkapnya saat ditemui di Universitas Haluoleo, Jum’at, (25/11/22).

Tak hanya itu, ia juga berharap agar mahasiswa sadar dan bijak untuk menyalurkan hak pilihnya guna menghadirkan pemimpin baru pada tataran mahasiswa yang baik. Menurutnya sekalipun calon yang hadir adalah calon tunggal, mahasiwa tetap turut serta menentukan bahwa calon tersebut baik untuk memimpin.

“sekalipun ini calon tunggal, tapi harapan saya mereka mengakui bahwa itulah pilihan mereka yang terbaik, karena sampai dengan batas pendaftaran tanggal 17 November 2022, cuma satu calon, harapana say aini lahir dari bawah, bahwa hasil perbuatan mereka karena hanya satu,” bebernya.

Lebih lanjut, Ketua Panja yang juga merupakan dosen di UHO ini menjelaskan, soal keamanan seperti biasa tidak jauh berbeda dengan yang lalu. Contoh kecil seperti satgas bertugas memantau jalannya pemilihan.

“Dievaluasi dan di ingatkan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ujarnya

“Keaman ini dari satgas, kemudian dari pihak-pihak luar seperti polisi guna pengamanan tapi sifatnya koordinasi,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO Nur Arafah mengatakan, untuk seluruh mahasiswa agar menggunakan hak pilihnya pada pemilihan nanti, dan selalu perhatikan rambu-rambu yang ditetapkan oleh anggota KPU serta amakan tokenya masing-masing di siakad beta agar tidak dipilihkan.

“Untuk seluruh mahasiswa juga harus menjaga masa tenang, karena Pemira ini adalah hajatan Univesitas. Hajatan yang dimaksud ini merupakan kegiatan kelender tetap Universitas UHO yang berjalan secara continue tiap tahunya,” ujar Arafah.

Kata Arafah, sedangkan untuk pengamanan untuk Pemira ini diserahkan sepenuhnya kepada Satuan tugas (Satgas).

“Sekarang ini juga semua Fakultas lingkup UHO pada pimpinanya di himbau untuk memfasilitasi mahasiswanya agar tenang menjalani hajatan ini untuk memilih ini kemudian dibantu jika ada kendala-kendala menjalankan seperti sistem di siakad beta,”Tambahnya.

Nur Arafah berharap di Pemira ini bisa menghasilkan mahasiswa yang aspiratif kemudian bisa menjalankan semua aspirasi mahasiswa.

Ditempat yang berbeda, ketua Bawasra Pemira UHO, Darmawan menyampaikan, agar pemilih yang akan menyalurkan hak pilih tetap kondusif, bilamana dalam berlangsungnya pemilihan ditemukan kecurangan, dirinya komitmen untuk menuntaskan persoalan tersebut.

“Bila di lapangan terdapat kecurangan, harap dilaporkan ke pihak kami di Bawasra,” ujarnya

Ia juga menyampaikan, hingga minggu tenang, belum ada laporan soal kecurangan yang terjadi pada prosesi awal pendaftaran. Dirinya berharap agar pelaksanaan Pemira UHO kali ini berjalan dengan baik, aman dan kondusif.

“Telah dilakukan tahapan-tahapan pemilihan, hingga minggu tenang, nantinya, pada 23 Desember akan dilakukan pemilihan, kami berharap agar pelaksanaan kegiatan dimaksud berjalan dengan baik, aman dan kondusif,” pungkasnya.

Diketahui, Pemira UHO 2022, event bergengsi kelembagaan tertinggi di universitas tersebut terselenggara pada 23 Desember 2022 mendatang secara online melalui e-Voting

Artikel Lainnya

Kabid Dokkes Polda Sultra Himbau Masyarakat Agar Waspada Gagal Ginjal Akut Pada Anak

bhineka satu

Ucap Rasa Syukur KBP Nanang Rudi Supriatna Atas Peringkat Istimewa ke 3 dalam PKN Tk 1 angkatan LIII th 2022 LAN RI

bhineka satu

Peduli Kemanusiaan||Bidokes Polda Sultra Evakuasi Anak Penderita Hidrosefalus di Tipulu

holadmin